Konsep OOP (dasar)
o Class : cetakan object
o Object : instance object
o Instance
variabel : atribut object
o Method : perilaku object
o Constructor : inisialisasi object
CLASS dibuat untuk menciptakan OBJECT
Contoh :
o Buat
class Mhs
Instance
variabel : npm, nama, ipk
Method
: cetak
Jawab :
class Mhs {
private
int npm;
private
String nama;
private
double ipk;
public
Mhs(int a, String b, double c){
this.npm
= a;
this.nama
= b;
this.ipk
= c;
}
public void cetak(){
System.out.println(npm+",
"+nama+", "+ipk);
}
}
o Pengkapsulan : mengabungkan data dan
prosedur dalam object
o Pewarisan : menambahkan
fungsionalitas dengan membuat subclass baru
o Polimorfisme :
- “banyak bentuk”
- mengijinkan pesan diinterpretasikan berbeda
- overloading (signature berbeda : jumlah, urutan, tipe)
- overriding (signature sama persis dengan milik class super)
o Abstract class
- class yang menyimpan aspek generic dari sub class
- tanpa implementasi
- tidak memiliki body, body digantikan dengan (;)
o Concrete
class
- subclass dari abstract class
- mengimplementasikan abstract class
- tradisional/ structured fokus pada proses atau data
- object oriented fokus pada object (kolaborasi keduanya)
- ADBO à pedekatan analisa dan desain pengembangan software yang fokus pada object
- Menguraikan big problem à small problem
Konsep ADBO ?
o Use
case driven : saat analisa
memperhatikan use case
o Architecture
centric : saat desain
memperhatikan arsitektur fungsional, static, dynamic dari sistem
o Iterative
& Incremental (berulang dan bertambah ) :mudah untuk dipakai
ulang ataupun diupgrade
Tidak ada komentar:
Posting Komentar