Rabu, 18 September 2013

KONSEP OOP DAN ADBO



Konsep OOP (dasar)
o  Class : cetakan object
o  Object : instance object
o  Instance variabel : atribut object       
o  Method perilaku object
o  Constructor : inisialisasi object

CLASS dibuat untuk menciptakan OBJECT
Contoh : 
o  Buat class Mhs
Instance variabel : npm, nama, ipk
Method : cetak
Jawab :
class Mhs {
                private int npm;
                private String nama;
                private double ipk;
                public Mhs(int a, String b, double c){
                                this.npm = a;
                                this.nama = b;
                                this.ipk = c;
                }
    public void cetak(){
      System.out.println(npm+", "+nama+", "+ipk);
    }
 }
o  Pengkapsulan : mengabungkan data dan prosedur dalam object 
o  Pewarisan : menambahkan fungsionalitas dengan membuat subclass baru 
o  Polimorfisme :
  • “banyak bentuk”
  •  mengijinkan pesan diinterpretasikan berbeda
  •  overloading (signature berbeda : jumlah, urutan, tipe)
  •  overriding (signature sama persis dengan milik class super)

o    Abstract class
  •  class yang menyimpan aspek generic dari sub class
  • tanpa implementasi
  • tidak memiliki body, body digantikan dengan (;)

o  Concrete class
  •  subclass dari abstract class
  •  mengimplementasikan abstract class
  •  tradisional/ structured fokus pada proses atau data
  • object oriented fokus pada object (kolaborasi keduanya)
  • ADBO à pedekatan analisa dan desain pengembangan software yang fokus pada object
  • Menguraikan big problem à small problem

Konsep ADBO  ?
o  Use case driven : saat analisa memperhatikan use case
o  Architecture centric : saat desain memperhatikan arsitektur fungsional, static, dynamic dari sistem
o  Iterative & Incremental (berulang dan bertambah ) :mudah untuk dipakai ulang ataupun diupgrade

Tidak ada komentar:

Posting Komentar