UML (Unified Modeling Language) adalah sebuah "bahasa" yg telah
menjadi standar dalam industri untuk visualisasi, merancang dan mendokumentasikan
sistem piranti lunak. UML menawarkan sebuah standar untuk merancang model
sebuah sistem.
¢ Dalam
pengembangan software berbasis Object-Oriented pasti sering terjadi adanya
masalah-masalah.
¢ Pemecahan
masalah utama dari Object Oriented biasanya dengan penggambaran dalam bentuk
model (Domain Modelling).
¢ Oleh
karena itu orang-orang yang berminat dalam mempelajari UML harus mengetahui
dasar-dasar mengenai Object Oriented Solving.
Memahami
istilah dalam OOP / PBO
¢ Obyek : komponen di dalam sebuah program
¢ Property : karakteristik yang
dimiliki obyek
¢ Method : aksi yang dapat dilakukan
oleh obyek
¢ Event : kejadian yang dapat di alami
oleh obyek
Tahapan Pembuatan Model Domain
¢ Pada
tahap ini jangan dipikir terlalu dalam hal2 terkait atribut-atributnya. fokus
saja pada objek utama
¢ Cukup
ada ”generalization (is a)” dan “aggregation (has a)” relationship
¢ Lakukan
dalam waktu yang terbatas, karena domain model belumlah final, bisa berubah
sesuai tahapan saat proses pemodelan berlangsung
¢ Domain
model berbeda dengan data model, jangan terjebak pada aliran data.
3+1 Komponen Utama Model Domain
¢ Domain
Classes - Setiap Kelas Domain menunjukkan jenis obyek
¢ Attributes
- Entitas
¢ Associations
- Relasi antara dua buah kelas domain atau lebih.
¢ Additional
Rules - Aturan kompleks yang tidak dapat ditampilkan dengan simbologi maka
ditampilkan dengan catatan terlampir.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar